Samosir man

Program SarjanaGedung Rektorat IPB

Institut Pertanian Bogor sangat perhatian dan selalu berupaya secara maksimal untuk memberikan pelayanan pendidikan terbaik dan adil kepada semua golongan sosial ekonomi lulusan SMA seluruh Indonesia yang berpotensi menimba ilmu di IPB. Kehadiran pola seleksi USMI dan biaya pendidikan mahasiswa baru yang tercantum pada tabel di lampiran ini merupakan bagian dari kebijakan itu.

IPB sangat menghargai kepedulian berbagai pihak yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa IPB, termasuk bantuan biaya SPP untuk beberapa mahasiswa baru yang sangat memerlukan. Setiap tahun, tidak kurang dari 5 milyar rupiah beasiswa diberikan oleh berbagai pihak kepada mahasiswa IPB. Selain itu, IPB menetapkan biaya pendidikan dengan pola subsidi silang seperti tercantum pada tabel biaya pendidikan di bawah ini. Sepuluh persen pelamar terseleksi terbaik dari sekolah ’terakreditasi’ A oleh IPB dapat memperoleh keringanan Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas hingga 50 %.

Orang tua/wali siswa pelamar harus melengkapi satu dari dua jenis Surat Pernyataan Biaya Pendidikan di IPB (Lampiran 2A ataukah 2B). Apabila siswa pelamar diterima di IPB, maka fotokopi bukti pembayaran wajib dikirimkan secara kolektif oleh sekolah ke IPB sesuai dengan jadwal yang tercantum pada lampiran tersebut.

Informasi tentang sumber biaya pendidikan pada Lampiran tersebut di atas dimaksudkan sebagai masukan untuk terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi putra putri Anda ketika menjadi mahasiswa IPB dan sama sekali bukan bagian dari kriteria seleksi atau sumber data bagi pihak lain. Prioritas kebijakan operasional IPB dalam peningkatan kualitas dan penyelenggaraan pendidikan sangat dipengaruhi oleh keakuratan data tersebut.

Penghasilan Kotor Bulanan Orang Tua/Wali (P) Biaya Registrasi Mahasiswa Baru SPP per Tahun
BPMB AI Asrama POM Kategori BPIF BPMP BPMK
I II
P <= 500 ribu 700 ribu 500 ribu Kamar :

1.200.000

setahun

0 0 0 0 Tahun pertama 810.000,-

Tahun berikutnya:

20.000  s/d 50.000 per SKS

P > 500 ribu s/d  1 juta 350 ribu 3 juta 1,5 juta 1 juta
P = 1 juta  s/d  2,5 juta 400 ribu 6 juta 3,5 juta 1,6 juta
P =  2,5 juta  s/d   5 juta 450 ribu 10 juta 6,5 juta 2,4 juta
P =  5 juta s/d   7,5 juta 500 ribu 15 juta 10,5 juta 3,4 juta
P = 7,5 juta  s/d  10 juta 550 ribu 21 juta 15,5 juta 4,6 juta
P = 10 juta  s/d  15 juta 650 ribu 25 juta 20 juta 5,8 juta
P > 15 juta 750 ribu 30 juta 24,5 juta 7 juta

Keterangan:

a.  Biaya registrasi menjadi mahasiswa baru IPB

BPMB (Biaya Perlengkapan Mahasiswa Baru) digunakan untuk Tes Potensi Akademik, Program Pembinaan Akademik dan Multi Budaya, Program Penyangga Kesehatan dan Penanggulangan Kecelakaan Mahasiswa, Kegiatan Alih Tahun, Buku Pengantar Ilmu  Pertanian, Kartu Mahasiswa/ATM Bank, Jaket Almamater, dan Buku Panduan IPB.

AI (Akses Internet) Pada tahun pertama di IPB dilaksanakan Program Pembinaan Akademik dan Multi Budaya, karena itu mahasiswa diwajibkan tinggal di asrama. Biaya Asrama meliputi biaya kamar sebesar Rp 1.200.000,- per tahun dan deposit asrama Rp 100.000,-. Biaya deposit akan dikembalikan setelah dikurangi biaya kerusakan fasilitas kamar asrama yang diakibatkan oleh mahasiswa yang bersangkutan.

POM (Iuran Perhimpunan Orangtua Mahasiswa) digunakan untuk beasiswa mahasiswa kurang mampu dan membantu pembiayaan kegiatan intra dan ekstrakurikuler.

BPIF (Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas) digunakan untuk membiayai program pemeliharaan infrastruktur dan fasilitas pendidikan.

b.  Biaya SPP selama menjadi mahasiswa IPB

BPMP (Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan) digunakan untuk peningkatan pelayanan administrasi dan penjaminan mutu pendidikan.

BPMK (Biaya Penyelenggaraan Mata Kuliah) digunakan untuk terselenggaranya perkuliahan, praktikum, dan pembimbingan mahasiswa.

Tahun pertama sebesar Rp. 810.000.-  untuk 36 satuan kredit semester (sks).

Tahun-tahun berikutnya sebesar Rp. 20.000.- s/d Rp. 50.000.- per sks. BPMK tergantung kepada jenis mata kuliah dan jumlah sks yang diambil. Setiap tahun, seorang mahasiswa mengambil mata kuliah sekitar 36 sks.

c.    Biaya lainnya yang menjadi tanggungan mahasiswa

Biaya hidup bulanan (selain tempat tinggal) di Bogor sekitar 700 ribu rupiah.

Biaya alat tulis, buku pembelajaran, praktik umum lapangan, penelitian/penyelesaian tugas akhir, dan sejenisnya.

d.    Keringanan Biaya Pendidikan Tahun Pertama bagi pelamar berprestasi terbaik

Keringanan Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF) hingga 50 % diberikan kepada maksimal sepuluh persen pelamar terseleksi yang terbaik dari sekolah ’terakreditasi’ A oleh IPB.

Keringanan biaya pendidikan tahun pertama (AI, Asrama, POM, BPMK, dan separuh dari BPMB) senilai Rp. 3.310.000,- (tiga juta tiga ratus sepuluh ribu rupiah) dapat diberikan IPB kepada mahasiswa baru dengan potensi akademik terbaik dan berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Orang tua/wali mahasiswa hanya wajib membayar separuh dari BPMB sebesar Rp. 350.000,- (tiga ratus lima ribu puluh rupiah) dan harus melengkapi formulir Lampiran 2B.

Program Diploma

Program Diploma IPB memiliki beberapa kampus yang digunakan, namun kalau diliihat dari region wilayahnya ada 2, yakni: Kampus Bogor dan Kampus Jakarta.

  • SPP Kampus Bogor sebesar Rp. 2.500.000,00 (dua juta limaratus ribu rupiah) per semester.
  • SPP Kampus Jakarta sebesar Rp 3.500.000 (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) per semester.

Biaya Non SPP untuk kegiatan Kemahasiswaan, Program Penyangga Kesehatan dan Penanggulangan Kecelakaan, Kartu Mahasiswa, Buku Panduan Program Diploma IPB, Jaket Almamater, dan lain-lain sebesar Rp. 650.000,00 (Enamratus Lima Puluh Ribu Rupiah), dibayarkan satu kali hanya pada saat registrasi ulang.

Biaya pengembangan fasilitas sebesar Rp. 3.000.000,00 (tiga juta rupiah) untuk kampus Bogor, dan Rp 4.000.000 (empat juta rupiah) untuk kampus Jakarta, dibayar satu kali pada saat registrasi ulang.

Setiap tahunnya, IPB menerima mahasiswa baru dari segenap penjuru tanah air dan tentu saja menimbulkan permasalahan bagaimana sang mahasiswa harus hidup di Bogor.

Secara umum komponen biaya hidup terdiri atas biaya pemondokan, makan, biaya transportasi, kuliah, hiburan, dan kegiatan kemahasiswaan.

Biaya pemondokan di sekitar Kampus Cilibende berkisar antara Rp. 2.000.000,00 sampai Rp. 3.000.000.00 per tahun, Untuk kebutuhan makan biasanya diusahakan sendiri seperti di warung makan, katering (rantangan), atau memasak sendiri. Besarnya harga setiap kali makan berkisar antara Rp. 3.500,00 sampai Rp. 5.000,00.

Selain itu biaya pemenuhan keperluan perlengkapan pribadi umumnya sebesar Rp. 50.000,00 rata-rata yang dibutuhkan pada tiap bulannya. Sedangkan transportasi menuju kampus hanya ditempuh dengan satu kali naik kendaraan, bahkan beberapa tempat cukup ditempuh dengan jalan kaki.

Biaya buku, diktat, dan fotocopy setiap bulannya rata-rata sebesar Rp. 100.000,00 per bulan, namun demikian IPB memiliki Perpustakaan yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa.

About these ads

Comments on: "Biaya Pendidikan di IPB" (14)

  1. biaya bisa di cicil gak?????
    :roll:

  2. dian febri said:

    gmana prospek kerja untuk perikanan?

    • cukup baik dan tersedia banyak lapangan pekerjaan.
      selama ini mahasiswa IPB yang jurusannnya perikanan selalu dibantu dengan kegiatan wirausaha dengan penerapan ilmu yang mereka dapatkan dari kuliah.

  3. khasanah said:

    yang ini beneran pak??
    soalnya saya mau kuliah di IPB tapi masih bingung soal biayanya..

  4. Triono Susatiyo said:

    Alhamdulillah anak kami diterima di IPB, informasi ini sangat membantu kami ……. melalui ini kami sampaikan terima kasih yang tak terhingga semoga ALLAH swt senantiasa memlimpahkan rizki kepada bapak…. amin, informasi lainnya sangat kami harapkan….. terima kasih.

    • terimakasih juga saya sampaikan.
      Selamat kepada saudara yang telah diterima di IPB.

      sukses selalu……………..!!!!!!

  5. aulia said:

    mohon info biaya pendidikan mahasiswa yang diterima melalui utm dan apa perbedaannya dari yg selain utm. terima kasih.

    • setau saya itu sama saja, tidak ada perbedaan dalam biaya beasiswa.

      yang membedakan hanya di beberapa mata kuliah di semester 1.

  6. miftahul ihsan said:

    aslmkm mau nanya nih…
    ketika kita masuk di IPB nanti lewat jalur SNMPTN tulis atau UTM..
    ada biaya subsidi atau keringanan tidak buat Pangkal dan Semesternya…?

    terimakasih…

  7. feronica said:

    pak jadi pembayarannya sebelum daftar ulang apa pas daftar ulang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: